Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Memutihkan Lutut Dan Dengkul Yang Hitam Dengan Cepat

cara memutihkan lutut
Pernahkah anda merasa bahwa ada bagian dari tubuh yang berwarna lebih gelap dari bagian lainnya? Mungkin lutut dan siku masuk sebagai kategori yang dimaksud. Ya, lutut termasuk bagian kaki yang seringkali tampak lebih gelap dibandingkan dengan bagian kaki lain seperti paha, betis, ataupun tumit. Hal ini terkadang menimbulkan rasa tidak percaya diri terutama bagi anda yang gemar memakai rok atau pakaian mini.

Inilah Cara Memutihkan Lutut Alami

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk memutihkan kulit secara instan memang diperbolehkan, mulai dari menggunakan serum pemutih atau dengan menyuntikkan vitamin C yang terbukti mampu memutihkan kulit dengan cepat. Akan tetapi, langkah ini ternyata juga memiliki efek samping untuk jangka panjang lho! Sebaiknya, terapkan cara memutihkan lutut dengan bahan tradisional seperti yang dijelaskan dibawah ini yuk!

1. Batu Apung

Batu apung bisa digunakan sebagai alat gosok untuk bagian lutut. Pasalnya, terkadang kulit yang berwarna gelap dikarenakan oleh penumpukan sel kulit mati dan kotoran yang membuat kulit tidak ternutrisi dengan baik. Untuk bisa mendapatkan lutut yang cerah alami, anda perlu rutin menggosok lutut menggunakan batu apung yang lembut dan ringan.

Perhatikan pemilihan batu apung ini agar tidak kasar dan justru melukai kulit lutut yang cenderung peka. Sebelum menggosok dengan batu apung, bersihkan lutut dengan sabun bayi dan ketika setengah basah silahkan gosokkan batu apung tersebut beberapa kali untuk mengangkat sel kulit mati pada lutut.

2. Lidah Buaya

cara memutihkan lutut dengan lidah buaya

Kandungan alami vitamin C, dan E pada tanaman lidah buaya berkhasiat sebagai pencerah alami untuk kulit. Lidah buaya juga termasuk antibakteri paling ampuh untuk mengatasi warna kulit yang cenderung gelap. Gunakan gel lidah buaya sebagai bahan untuk mengangkat sel kulit mati pada bagian lutut. Oleskan gel lidah buaya sambil digosok lembut dan biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas lutut menggunakan air hingga bersih.

3. Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan alami yang berfungsi sebagai pelembab kulit dan pencerah kulit yang memiliki warna gelap dan kusam. Untuk mendapatkan manfaat alami dari madu, anda hanya perlu mengoleskan madu pada area lutut yang gelap dan kering selama beberapa menit dan membilasnya menggunakan air hingga bersih setelah 30 menit.

4. Scrub Gula

Cara memutihkan lutut selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub gula. Scrub gula ini dipercaya efektif untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab lutut berwarna gelap. Untuk membuat scrub gula anda perlu menyediakan dua sendok makan gula pasir dan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan perlahan pada lutut sambil gosok dengan lembut agar sel kulit mati terangkat sempurna. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

5. Lemon

cara memutihkan lutut dengan lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C alami yang akan meremajakan kulit sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah seketika. Untuk mengatasi kulit lutut yang gelap, anda bisa menggunakan lemon segar yang dibelah menjadi dua bagian. Oleskan bagian dalam lemon untuk lutut anda sambil digosok secara lembut. Lakukan gerakan memutar berulang-ulang pada lutut selama 15 menit, lalu bilaslah menggunakan air hingga bersih.

6. Yoghurt

Yoghurt sebagai bahan aktif yang mengandung probiotik alami sangat efektif untuk menghilangkan bakteri serta kuman penyebab kusam dan kering pada lutut. Yoghurt juga bisa menutrisi kulit lutut secara alami agar tampak lebih kencang dan segar. Oleskan langsung yoghurt tanpa rasa pada bagian lutut anda dan biarkan selama 30 menit. Bilas lutut menggunakan air hingga bersih dan rasakan hasilnya!

7. Kunyit dan Daun Mint

Kunyit juga seringkali dimanfaatkan sebagai bahan pemutih alami kulit dan anda bisa menggunakannya sebagai pemutih lutut yang berwarna gelap dan kusam. Ambil bubuk kunyit secukupnya dan campurkan dengan daun mint yang telah dihaluskan. Setelah tercampur sempurna, gunakan bahan tersebut untuk digosok pada bagian lutut dengan gerakan memutar beberapa kali. Diamkan lulur kunyit ini selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

8. Mentimun

cara memutihkan lutut dengan mentimun

Cara memutihkan kulit lutut selanjutnya adalah dengan mentimun. Mentimun mengandung antioksidan alami dan vitamin E yang akan menutrisi kulit kusam dan membuatnya tampak lebih segar. Untuk lutut yang berwarna gelap, oleskan mentimun yang telh dihaluskan terlebih dulu. Setelah dibalurkan pada lutut, biarkan sejenak selama 30 menit kemudian baru dibilas menggunakan air sampai bersih.

9. Bengkoang

Sudah sejak lama bengkoang dimanfaatkan sebagai pemutih kulit yang cukup ampuh mengatasi keluhan kulit gelap dan kusam. Lutut yang cenderung kering bisa menjadi cerah dan kenyal dengan bantuan buah yang mengandung vitamin E alami ini. Parut bengkoang dan gunakan sebagai lulur untuk lutut atau kaki secara menyeluruh. Biarkan hingga kering selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mendapatkan kulit lutut yang cerah kurang dari dua minggu saja.

10. Kentang

Selain bengkoang, ada kentang yang dipercaya mampu menghambat pigmentasi kulit dan membuat kulit lebih cerah alami. Kentang mengandung vitamin, magnesium, potassium yang berfungsi menutrisi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Untuk menggunakannya, parut kentang hingga halus dan tiriskan airnya. Gunakan parutan kentang sebagai lulur pada lutut anda selama 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

11. Beras

cara memutihkan lutut dengan beras

Beras bermanfaat sebagai penutrisi kulit yang kusam dan mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Beras diperkaya kandungan vitamin B6 yang akan membantu kulit tampil lebih segar dan kencang. Tumbuk satu genggam beras hingga halus dan tambahkan madu atau minyak zaitun secukupnya. Pakailah beras tersebut sebagai scrub untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di bagian lutut. Biarkan selama 30 menit hingga kering, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

12. Pepaya

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E yang sangat efektif untuk perawatan kulit lebih segar dan putih. Banyak kosmetik yang juga menggunakan pepaya sebagai formula untuk mencerahkan kulit. Haluskan pepaya secukupnya dan tambahkan madu hingga terbentuk seperti pasta. Oleskan pada bagian lutut dan biarkan selama 30 menit. Bilas lutut menggunakan air sampai bersih untuk hasil yang anda inginkan.

13. Baking Soda

Hiperpigmentasi yang terjadi di area lutut dan siku juga bisa diatasi dengan menggunakan backing soda. Cara memutihkan dengkul dengan baking soda adalah menggunakan bahan yang satu ini sebagai lulur untuk dibalurkan pada lutut. Campurkan satu sendok makan backing soda dan dua sendok makan susu cair hingga tercampur sempurna. Balurkan pasta tersebut pada bagian lutut sambil digosok pelan dan diamkan selama 30 menit saja. Bilas kemudian menggunakan air sampai bersih.

Serangkaian langkah tradisional diatas bisa diterapkan sebagai cara memutihkan lutut dengan alami dan aman. Anda boleh melakukannya setiap hari agar hasil yang diperoleh juga lebih optimal. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kecantikan kulit anda agar terhindar dari risiko bahan kimia yang berbahaya dan menimbulkan efek samping. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.