Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

12 Cara Mengatasi Bibir Bengkak Yang Ampuh Tanpa Obat

cara mengatasi bibir bengkak

Bibir bengkak merupakan sebuah kondisi yang pasti mengganggu banyak aktifitas anda sehari-hari. Tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan di area wajah, bibir bengkak juga mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang. Secara ilmiah, bibir bengkak disebut sebagai kondisi Edema labialis dimana salah satu atau dua bagian bibir menjadi bengkak dan membesar. Biasanya, penyebab kondisi ini adalah terjadinya peradangan atau penumpukan cairan pada bagian bibir. Kondisi ini terkadang juga terasa menyakitkan dan harus segera ditangani.

Setidaknya ada beberapa penyebab bibir bengkak yang umum terjadi. Namun, berbagai penyebab ini masih belum dikatakan berbahaya dengan catatan tidak menimbulkan pendarahan atau rasa sakit yang luar biasa sebagai tanda infeksi serius. Penyebab bibir bengkak yang paling umum antara lain adalah:

  • Alergi (baik alergi makanan, obat, kosmetik, hingga cuaca yang ekstrim)
  • Infeksi virus tertentu
  • Kurang asupan nutrisi terutama vitamin B, yang menyebabkan bibir mengalami bengkak
  • Gigitan serangga
  • Tanda penyakit serius
  • Dehidrasi

Ini Dia Cara Mengatasi Bibir Bengkak Dengan Mudah

Menyembuhkan bibir bengkak umumnya dilakukan berdasarkan penyebabnya. Ada yang diberikan obat, antibiotik atau krim tertentu. Namun, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba cara mengatasi bibir bengkak dengan alami berikut ini sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Seperti apa langkahnya? simak ulasan singkat berikut ini!

1. Lidah Buaya

cara mengatasi bibir bengkak dengan lidah buaya

Tanaman lidah buaya mengandung anti bakteri yang sangat efektif untuk menyembuhkan peradangan akut. Bibir bengkak termasuk peradangan akut yang harus ditangani dengan tepat seperti memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami. Oleskan gel lidah buaya pada bagian bibir yang bengkak. Diamkan selama 20 menit saja dan anda bisa melakukan bilas pada area bibir menggunakan air dingin.

2. Kompres Hangat atau Dingin

Cara mengobati bibir bengkak selanjutnya adalah dengan melakukan kompres pada bagian bibir yang bengkak. Anda bisa memilih menggunakan kompres air dingin atau sebaliknya air hangat. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk meredakan bengkak pada bibir. Namun, jika, bengkak bibir disertai dengan rasa nyeri, anda bisa memilih menggunakan air dingin atau es batu saja sekaligus untuk mematikan rasa sakitnya.

3. Teh Celup

Khasiat teh celup sebagai antioksidan alami dan anti bakteri ternyata juga efektif untuk meredakan peradangan yang menjadi penyebab bibir bengkak. Pakailah kantong teh celup yang telah dimasukkan dalam kulkas untuk mengompres bagian bibir anda. Buka kantong teh celup dan letakkan serbuk teh yang telah basah tersebut pada bibir selama 20 menit. Selanjutnya, bilas bibir menggunakan air dingin.

4. Madu

cara mengatasi bibir bengkak dengan madu

Madu merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk berbagai masalah bibir seperti sariawan dan bibir bengkak. Madu mengandung antiseptik dan antioksidan alami yang akan mengurangi nyeri pada bibir bengkak. Aplikasikan madu sebagai salep alami untuk bibir bengkak dan biarkan selama 20 menit agar kandungan antibakterinya terserap sempurna. Bilas kemudian bibir menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Kunyit

Kunyit mengandung anti infeksi dan antiseptik alami untuk mengatasi bibir bengkak akibat infeksi. Buat salep alami dari bahan bubuk kunyit dan air dingin untuk menyembuhkan bibir bengkak yang diderita. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan minyak kelapa atau air dingin saja hingga terbentu seperti salep. Oleskan pada bibir bengkak dan biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

6. Baking Soda

cara mengatasi bibir bengkak dengan baking soda

Cara mengatasi bibir bengkak berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan untuk membuat kue ini ternyata memiliki manfaat alami sebagai anti inflamasi dan mampu mengurangi rasa nyeri bila bengkak disebabkan karena gigitan serangga atau reaksi alergi.

Campurkan satu sendok teh backing soda dengan satu sendok makan air dingin hingga rata. Setelah terbentuk seperti pasta salep, anda bisa mengoleskannya pada bagian bibir yang bengkak dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas bibir seperti biasa dengan menggunakan air dingin.

7. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh juga mengandung khasiat sebagai anti radang dan anti bakteri untuk mengatasi bibir bengkak. Cara menyembuhkan bibir bengkak dengan minyak pohon the yakni: Encerkan terlebih dulu minyak pohon teh dengan minyak esensial lainnya seperti minyak kelapa atau minyak zaitun hingga tercampur sempurna. Setelah itu, pakailah sebagai olesan pada bagian bibir yang bengkak. Biarkan selama 30 menit saja, kemudian bilas menggunakan air hangat.

8. Garam

Garam merupakan anti bakteri alami yang bisa menyembuhkan peradangan akibat infeksi bakteri. Untuk mengatasi bibir bengkak, sebaiknya gunakan garam setelah bibir dibersihkan terlebih dulu. Larutkan satu sendok makan garam dapur dengan setengah cangkir air hangat. Gunakan kapas steril untuk membasuh bagian bibir yang bengkak dan biarkan kering dengan sendirinya.

9. Konsumsi Air Putih dan Makanan Bergizi

Meskipun bibir dalam kondisi bengkak yang mungkin akan mengganggu nafsu makan anda, sebaiknya tetap rutin mengonsumsi air putih dan nutrisi penting lainnya. Kondisi nafsu makan yang berkurang karena rasa nyeri pada bibir bengkak justru bisa menyebabkan anda kekurangan asupan nutrisi penting untuk tubuh.

10. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok disaat kondisi bibir mengalami peradangan dan bengkak tentunya tidak lagi disarankan. Sebaiknya anda mengurangi kebiasaan merokok ini karena hanya akan menambah efek peradangan pada bibir.

11. Mentimun

Mentimun bisa menjadi cara menghilangkan bengkak di bibir dengan cepat. Bibir bengkak yang disebabkan karena alergi bisa diatasi dengan menggunakan mentimun yang dihaluskan terlebih dulu. Oleskan mentimun sebagai kompres pada bagian bibir yang bengkak. Kandungan vitamin alaminya akan menutrisi bibir dan menghilangkan risiko infeksi pada bibir yang bengkak. Biarkan selama 20 menit dan lakukan bilas pada bibir dengan memakai air hangat.

12. Daun Sirih

Kandungan antiseptik alami juga bisa diperoleh dari daun sirih. Daun sirih kaya akan antioksidan yang juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi penting pada bibir. Selain itu, daun sirih juga sebagai anti radang yang efektif mengurangi bengkak sebagai akibat dari peradangan akut.

Sediakan dua lembar daun sirih dan cuci bersih terlebih dulu. Haluskan daun sirih hingga menjadi pasta tanpa perlu ditambahkan air. Setelah halus, tempelkan pada bagian bibir yang bengkak dan diamkan selama 30 menit. Mulanya akan terasa agak perih, namun ini membuktikan daun sirih bekerja dengan baik. Bilas bibir menggunakan air sampai bersih dan anda akan merasakan hasilnya karena daun sirih bisa sedikit meringankan nyeri karena bibir bengkak tersebut.

Itulah tadi beberapa langkah alami untuk mengatasi bibir bengkak yang direkomendasikan untuk anda. Agar bibir bengkak segera berkurang dan tidak nyeri, lakukan cara mengatasi bibir bengkak tersebut dengan rutin setiap hari sampai anda merasakan perubahan. Dengan mengobati bibir bengkak secara alami, anda pun terhindar dari risiko bahan kimia yang berbahaya. Semoga berhasil!

Leave A Reply

Your email address will not be published.