Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur Paling Ampuh

cara menghilangkan dengkuranMendengkur atau yang umumnya dikenal dengan ngorok, adalah hal lumrah yang terjadi pada sebagian besar dari kita, baik disadari ataupun tidak. Kebiasaan ini sangat mengganggu, tidak hanya bagi orang lain, namun juga bagi penderitanya. Bagi orang lain, hal ini tentu mengganggu ketenangan yang berdampak pada kesulitan untuk dapat tidur dengan nyenyak. Sedangkan bagi penderitanya sendiri, mendengkur bisa menjadi tanda-tanda adanya penyakit, seperti sinusitis dan paru-paru, misalnya.

Mendengkur umumnya juga dialami oleh penderita penyakit kronis tertentu, seperti diabetes, stroke, obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Bagi penderita penyakit tersebut, mereka biasanya mengalami kesulitan dalam bernapas secara normal sehingga suara napas yang dihasilkan ketika tidur pun akan menghasilkan suara dengkuran.

Inilah Cara Menghilangkan Dengkuran Paling Manjur

Mendengkur saat tidur biasanya dilatari oleh beberapa faktor, di antaranya adalah faktor usia, kebiasaan buruk, dan kelelahan. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan mendengkur ini sebenarnya bisa dihilangkan? Ada beberapa cara menghilangkan dengkuran yang bisa Anda terapkan. Antara lain;

1. Tidur Cukup

Salah satu penyebab orang mendengkur adalah karena faktor kelelahan bekerja. Otot-otot tubuh yang tidak menegang atau rileks menyebabkan Anda tidur mendengkur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki jadwal tidur yang teratur dan cukup agar ketika bangun keesokan harinya tubuh Anda tidak mengalami kelelahan.

2. Ganti Posisi Tidur

Posisi tidur ternyata memengaruhi seseorang mendengkur. Menurut studi, tidur telentang dapat menyebabkan mendengkur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari kebiasaan dalam posisi ini. Cobalah mulai sekarang tidur dalam posisi menyamping ke sebelah kiri dan sebelah kanan secara bergantian.

3. Hindari Konsumsi Obat Tidur

Obat tidur atau penenang memang ampuh untuk membantu Anda tidur cepat, khususnya bagi penderita insomnia atau susah tidur. Namun penggunaan obat tidur dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi rileks sehingga akan menyebabkan Anda jadi tidur mendengkur. Selain itu, mengkonsumsi obat penenang dalam frekuansi yang sering juga dapat berpengaruh bagi kesehatan Anda yang nantinya justru akan memperburuk dengkuran Anda.

4. Hindari Alkohol

cara menghilangkan dengkuran dengan hindari mengkonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol juga menjadi salah satu penyebab utama tidur mendengkur. Dalam sebuah penelitian menyebutkan, mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu beberapa jam sebelum tidur bisa menyebabkan seseorang tidur mendengkur. Bahkan, alkohol ternyata juga dapat menyebabkan dengkuran menjadi parah. Oleh karena itu, jika memang Anda ingin menghilangkan kebiasaan mendengkur Anda secara serius, maka hindari mengkonsumsi alkohol. Selain memperburuk dengkuran, juga sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan ngorok juga bisa dengan konsumsi air putih. Tidur dalam keadaan dehidrasi atau kekurangan cairan ternyata dapat menyebabkan Anda tidur mendengkur. Maksimalkan konsumsi air putih harian Anda untuk mencegah hal ini terjadi. Perhatikan takaran ideal konsumsi air putih bagi pria dan wanita. Untuk wanita, minumlah air putih sebanyak 11 gelas sehari. Sementara untuk pria, disarankan untuk mengkonsumsi air putih sekitar 16 gelas sehari. Dengan mengkonsumsi air putih secara maksimal, maka Anda akan terhindari dari kebiasaan mendengkur. Selain itu, air putih juga membantu proses detoksifikasi tubuh. Tubuh Anda akan jadi lebih sehat dan terasa segar bugar.

6. Tidak Merokok

cara menghilangkan dengkuran dengan tidak merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan paru-paru Anda. Jika paru-paru Anda terganggu, maka ini akan berpengaruh pada masalah pernapasan Anda sehingga tentu akan membuat Anda jadi mendengkur. Jika ingin menghilangkan kebiasaan mendengkur secara serius, maka sebaiknya hindari merokok. Jika Anda sudah terlanjur terbiasa merokok, maka segera hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah jalani hidup sehat mulai dari sekarang.

7. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan Anda bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan dengkuran. Namun, cara ini memang memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan cara-cara lainnya yang relatif lebih cepat. Meskipun begitu, patut juga Anda pertimbangkan, apalagi jika Anda memiliki berat badan yang masuk kategori “melebihi normal”. Salah satu penyebab utama tidur mendengkur adalah bobot tubuh yang tidak ideal. Hal ini karena lemak yang ada dibagian leher mengganggu sistem pernapasan sehingga menyebabkan Anda mendengkur.

8. Lakukan Yoga

Lakukanlah Yoga maupun olahraga lainnya secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari stress. Latihan ini dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, lakukan Yoga atau rileksasi tubuh minimal 30 menit sebelum Anda tidur. Lakukan gerakan rilekasi yang ringan-ringan saja sambil diiringi alunan musik yang lembut dan aromaterapi yang menenangkan.

9. Hindari Langsung Tidur Setelah Makan

cara menghilangkan dengkuran dengan menghindari tidur setelah makan

Jika Anda memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan, maka sebaiknya Anda hilangkan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Terlebih lagi kebiasaan bergadang yang menyebabkan Anda merasa lapar dan mengonsumsi makanan berat atau ringan saat tengah malam. Hal ini justru akan memperparah dengkuran dan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan Anda. Hindari bergadang dan makan malam di atas jam 8 malam. Selain itu, biarkan makanan Anda turun dulu. Setelah beberapa jam baru Anda bisa pergi tidur.

10. Menghirup Uap Air Sebelum Tidur

Jika Anda memiliki penyakit flu atau sinusitis, maka bisa dipastikan Anda akan tidur mendengkur karena saluran udara dalam rongga hidung tersumbat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghirup uap air yang dihasilkan dari merebus sesuatu. Lakukan ini beberapa saat sebelum Anda pergi tidur agar rongga hidung Anda terasa lebih lega dan udara yang masuk pun juga lancar. Lakukan ini dari jarak tertentu selama beberapa menit sampai Anda merasakan pergerakan udara dalam rongga hidung Anda lancar. Ambil jarak aman ketika melakukannya karena uap yang dihasilkan dari rebusan air dapat menyebabkan masalah serius jika tidak diperhatikan.

11. Basuh Hidung dengan Air Garam

Salah satu penyebab utama dari tidur mendengkur adalah terjadinya penyumbatan dalam rongga hidung ketika terkena flu, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya. Maka dari itu, secara rutin sebelum tidur, Anda bisa membasuh rongga hidung Anda dengan air garam. Larutan air garam berfungsi untuk melancarkan peredaran udara yang masuk ke dalam rongga hidung, Lakukan secara hati-hati dan telaten, jangan sampai air garam sampai terhirup. Atau, Anda juga bisa menggunakan cara lainnya yang lebih mudah, yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur.

Itulah tadi cara menghilangkan dengkuran paling efektif. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah menghindari hal-hal yang menjadi pemicunya seperti konsumsi obat tidur, alkohol, dan rokok. Maksimalkan penerapan pola hidup sehat seperti minum air putih, yoga, tidur yang cukup, serta menurunkan berat badan yang berlebihan. Dengan menerapkan cara-cara ini, niscaya Anda akan terhindari dari kebiasaan mendengkur saat tidur yang dapat mengganggu ketenangan pasangan Anda maupun orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.