Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Dan Memutihkannya Dengan Cepat

cara menghilangkan ketiak hitam

Memiliki kulit putih mulus di seluruh tubuh memang diidamkan oleh setiap wanita, tidak terkecuali kulit ketiak. Meski kadang tertutup oleh pakaian, ketiak bisa pula menjadi totontan masyarakat jika Anda menggunakan jenis baju tanpa lengan. Agar tampak percaya diri, tentu saja kulit ketiak Anda harus bersih dan tidak berwarna hitam.
Sayangnya, beberapa orang mengalami kulit ketiak berwarna kehitaman. Hitamnya kulit ketiak seseorang bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa di antaranya adalah penumpukan sel kulit mati, pigmentasi, kebiasaan bercukur yang salah, hingga infeksi bakteri.

Ini Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Paling Ampuh

Beruntungnya, menghilangkan ketiak hitam bukan perkara yang begitu sulit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat kulit ketiak Anda kembali putih dan mulus.

1. Pasta Kulit Jeruk dan Air Mawar

Kandungan asam sirat dalam kulit jeruk adalah alasan utama kenapa kulit kupasan jeruk sebaiknya Anda keringkan dan simpan. Asam tersebut mampu menjadi pemutih alami bagi kulit ketiak Anda. Proses pemutihan tersebut didukung dengan pengelupasan sel kulit mati. Dengan begitu, kulit ketiak Anda akan tampak lebih putih dan bersih.

Anda perlu menghaluskan kulit jeruk kering terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaatnya terhadap kulit ketiak. Campur dan aduk hingga menjadi pasta dengan tambahan air rendaman bunga mawar. Jika sudah menjadi adonan atau pasta, lumurkan ke area ketiak yang hitam dan biarkan selama setengah jam. Setelah cukup, bilas dengan air bersih dan keringkan. Anda bisa melakukan upaya ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Olesan Minyak Zaitun

cara menghilangkan ketiak hitam dengan di oleskan minyak zaitun

Beberapa jenis minyak memiliki manfaat yang bagus untuk menghilangkan ketiak hitam Anda. Dua jenis minyak yang paling banyak digunakan adalah minyak zaitun dan minyak kelapa. Langkah-langkah penggunaan minyak zaitun untuk membuat ketiak Anda kembali berwarna putih adalah sebagai berikut.

  • Lakukan pada malam hari
  • Hangatkan minyak zaitun dalam api sedang,
  • Ambil dengan kapas atau jari, oleskan ke bagian ketiak,
  • Pijat lembut selama 10 hingga 15 menit,
  • Beristirahat dan bilas ketiak keesokan paginya.

Sementara itu, kandungan vitamin E minyak kelapa menjadi mineral yang paling berperan dalam menghilangkan ketiak hitam. Vitamin tersebut juga mampu membunuh bakteri yang membuat ketiak mengeluarkan bau tidak sedap.

3. Menggosok dengan Mentimun

Buah mentimun dikenal manfaatnya untuk kencatikan kulit wajah wanita, siapa sangka bahwa buah ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan ketiak hitam. Selain itu, rutin menggosok ketiak dengan mentimun bisa membuat ketiak Anda lembab dan segar serta terbebas dari bau tidak enak. Mentimun bisa digunakan sendiri untuk dijadikan penggosok, namun Anda juga bisa mengombinasikannya dengan bahanlain seperti kunyit dan madu.

Jika Anda berminat, berikut ini cara memutihkan ketiak hitam dengan mengkombinasikannya dengan madu.

  • Bersihkan satu buah mentimun lalu tumbuk kasar,
  • Campurkan dengan madu hingga lengket,
  • Oleskan di bagian ketiak selama 3 hingga 4 menit,
  • Biarkan hingga mengering sekitar 10 menit, lalu
  • Bilas dengan air bersih.

4. Apel dan Scrub Cuka Apel

cara menghilangkan ketiak hitam dengan apel dan scrub apel

Selain mentimun, buah apel juga bisa dijadikan bahan penggosok untuk membuat ketiak hitam Anda menghilang dengan cepat. Keampuhan apel berasal dari tingkat pH-nya yang tinggi asam sehingga mampu membunuh berbagai jenis bakteri dan kuman. Selain itu, apel juga memiliki kemampuan untuk mengelupas sel kulit mati.
Selain dalam bentuk buah, Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan ketiak hitam. Buatlah pasta dari cuka apel dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan tepung beras. Olehskan pada ketiak dan tunggu sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah kering, bilas dengan air bersih dan ulangi setiap 4 kali dalam seminggu.

5. Bubur Buah Papaya

Cara menghilangkan ketiak hitam bisa dengan papaya. Salah satu penyebab ketiak menghitam yakni penumpukan sel kulit mati bisa diatasi dengan penggunaan buah pepaya. Sebab pepaya mengandung asam alpha hidroksi yang mampu mengelupas sel kulit mati. Enzim papain dalam pepaya juga membantu mengubah kulit ketiak Anda yang tadinya hitam menjadi putih bersih.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan manfaat dari buah pepaya bagi kulit ketiak Anda yang menghitam.

  • Belah pepaya dan hancurkan menjadi bubur atau pasta,
  • Ambil sedikit demi sedikit dan oleskan pada ketiak,
  • Tunggu sekitar 15 hingga 30 menit, dan
  • Basuh dengan air hangat hingga bersih.

6. Produk Susu dan Yoghurt

cara menghilangkan ketiak hitam dengan produk susu dan yoghurt

Salah satu bahan yang paling ampuh dan disarankan untuk menghilangkan ketiak hitam adalah susu dan produk yoghurt. Kedua bahan tersebut mengandung zat yang sangat berguna untuk kesehatan kulit yakni asam laktat, asam lemak, dan vitamin. Asam laktat memiliki peran besar dalam memutihkan kulit ketiak sementar asam lemak dan vitamin berguna untuk menghaluskannya. Cara ini bisa Anda ikuti untuk menghilangkan ketiak hitam Anda.

  • Buat pasta dari 3 sdm susu dan 2 sdm yoghurt,
  • Aduk rata lalu oleskan pada ketiak,
  • Diamkan selama sekitar satu jam, dan
  • Bilas dengan air hangat.

7. Campuran Baking Soda

Mayoritas cara menghilangkan ketiak hitam adalah dengan membuat pasta dari bahan-bahan tertentu, tidak terkecuali ketika Anda memutuskan untuk menggunakan bakin soda. Bakin soda atau natrium bikarbonat adalah bahan yang biasa digunakan untuk mengembangkan kue. Siapa sangka jika bahan ini juga ampuh untuk menghilangkan ketiak hitam Anda. Ada pun cara menghilangkan hitam di ketiak dengan pasta dari natrium bikarbonat adalah sebagai berikut.

  • Campurkan 1 sdm baking soda dengan 1 sdt air putih bersih,
  • Aduk hingga menjadi pastan,
  • Oleskan ke bagian ketiak yang menghitam,
  • Tunggu sekitar 15 menit,
  • Bilas dengan air bersih hingga kering.
    Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan ini setidaknya 2 hingga 3 kali selama satu minggu.

8. Simpanan Pasta Gigi

Tidak hanya berguna untuk memutihkan gigi secara instan, pasta gigi juga bisa membantu Anda menghilangkan ketiak hitam. Menggunakan pasta gigi lebih mudah karena Anda bisa langsung menggosokkannya ke bagian ketiak Anda yang menghitam. Berbeda dengan bahan lain yang perlu langkah tersendiri untuk membuat pasta dengan campuran air mawar.
Setelah dioleskan, tunggu sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah dirasa cukup, bilaslah dengan air bersih sambil dipijat lembut. Lakukan hal ini secara turin setiap minggu. Niscaya, Anda bisa mendapatkan kulit ketiak yang putih dan kepercayadirian untuk menunjukkannya di depan umum.

9. Lidah Buaya

cara menghilangkan ketiak hitam dengan lidah buaya

Salah satu alasan kenapa lidah buaya banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan adalah kandungan senyawa anthraquinone di dalamnya. Senyama ini sangat berperan dalam pengangkatan sel kulit mati di atas permukaan kulit. Dengan terkelupasnya sel kulit mati maka kulit Anda akan tampak bersih dan putih alami. Lidah buaya juga dikenal mampu melembabkan kulit, lho.
Menggunakan lidah buaya setiap hari untuk menghilangkan ketiak hitam bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu melakukan hal berikut ini.

  • Potong dan kupas lidah buaya segar,
  • Oleskan dagingnya ke daerah ketiak yang menghitam,
  • Tunggu hingga 20 menit,
  • Bilas dengan air bersih.

10. Ramuan Jeruk Lemon

Lemon adalah bahan alami paling lengkap dalam hal menjaga kesehatan kulit ketiak. Lemon tidak hanya mengandung asam sitrat dan vitamin C yang berfungsi menghilangkan ketiak hitam namun juga memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik, serta mampu menjadi astrigen yang berfungsi menghilangkan bau dan melembabkan kulit.

Disarankan ketika Anda menggunakan jeruk lemon, buatlah menjadi pasta terlebih dahulu dengan campuran plain yoghurt, madu, dan bubuk kunyit. Hal tersebut untuk meminimalisir kontak asam sitrat lemon yang kuat dan bisa mengakibatkan kulit menjadi terlalu kering. Oleskan pasta tersebut pada bagian ketiak yang menghitam. Setelah dibiarkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat.

Jangan remehkan kulit ketiak yang menghitam. Selain membuat Anda terganggu dan hilang kepercayaan diri untuk menggunakan beberapa jenis pakaian tertentu, kulit ketiak yang menghitam juga bisa jadi gejala sebuah gangguan yang lebih serius seperti infeksi bakteri Corynebacterium Minutissimum. Bakteri ini lebih sering menyerang masyarakat di daerah tropis seperti Indonesia. Namun jika hitamnya kulit ketiak Anda dalam kadar yang lebih sederhana, Anda bisa menggunakan cara menghilangkan ketiak hitam di atas untuk membuatnya kembali putih seperti sedia kala.

Leave A Reply

Your email address will not be published.