Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi Yang Baik Untuk Tubuh

makanan yang mengandung antioksidanAntioksidan merupakan salah satu unsur penting yang diperlukan oleh manusia. Manfaat utama antioksidan adalah untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Selain melindungi dari kerusakan sel-sel tubuh, antioksidan juga membantu memperbaiki kerusakan sel akibat proses oksidasi yang terjadi di dalam sel.

Antioksiden banyak didapatkan dari makanan yang bersumber dari sumber nabati, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan bumbu dapur. Mengkonsumsi antioksidan secara rutin akan membuat tubuh jadi sehat dan terlihat segar. Selain itu, tubuh juga tidak akan mudah mengalami kelelahan atau sakit.

Inilah Jenis Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu menjadi keinginan setiap orang. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan zat-zat nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya antioksidan. Berikut ini adalah contoh makanan yang mengandung antioksidan antara lain buah-buahan dan sayur;

1. Brokoli

makanan yang mengandung antioksidan dengan brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang merupakan salah satu sumber utama antioksidan. Vitamin C dalam brokoli ini membantu menjaga dan memelihara elastisitas kulit dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko terjadinya kerapuhan pada tulang .Selain itu, kandungan senyawa glukosinates di dalamnya bermanfaat bagi pencegahan dan penurunan risiko terkena kanker. Tidak hanya mengandung vitamin C dan senyawa glukosinates, brokoli ternyata juga memiliki kandungan nutrisi penting lainnya seperti fosfor, protein, tiamin, riboflavin, serat, folat, mangan, kalium, dan vitamin K yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh kita.

2. Bayam

Salah satu sayuran hijau yang memiliki segudang manfaat ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan dalam bayam terdiri dari vitamin A, vitamin C, lutein, flavonoid, dan beta karoten yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit akibat proses oksidasi. Selain itu, Bayam juga memiliki kandungan zat besi tinggi yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem metabolisme tubuh. Kandungan kalorinya juga rendah sehingga bayam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta membantu dalam usaha menurunkan berat badan Anda.

3. Terung

Salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak variasi olahan makanan ini memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Di dalam terung terdapat kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Terung juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik bagi kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya kanker usus. Tidak hanya memiliki manfaat sebagai antioksidan, terung juga baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol karena memiliki kandungan bioflavonoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.

4. Labu Kuning

makanan yang mengandung antioksidan dengan labu

Labu kuning memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Labu memiliki tekstur yang lembut dan rendah kalori sehingga dijadikan salah satu menu diet. Selain beta karoten, labu kuning juga memiliki kandungan antioksidan lainnya, yaitu vitamin A dan zeaxantin yang berfungsi untuk melindungi dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain memiliki kandungan antioksidan, labu kuning juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik bagi sistem pencernaan dan menurunkan berat badan.

5. Tomat

Tomat dikenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan indera pengilahatan. Namun, selain memiliki kandungan yang baik untuk memelihara kesehatan mata, ternyata tomat juga memiliki kandungan oksidan yang baik dan diperlukan oleh tubuh kita.

Kandungan likopen pada tomat memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker esophagus, kanker serviks, kanker lambung, dan kanker prostat. Tidak hanya mencegah kanker, likopen juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol dan melindungi fungsi hati. Selain likopen, tomat juga memiliki kandungan penting lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf serta sistem peredaran darah di dalam tubuh.

6. Bawang Putih

makanan yang mengandung antioksidan dengan bawang putih

Salah satu bumbu dapur yang dikenal memiliki manfaat untuk menurunkan darah tinggi ini ternyata juga memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan di dalam bawang putih ini terdapat dalam senyawa sulfur allium. Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki kandungan penting lainnya, seperti serat, alisin, selenium, vitamin C, dan vitamin B6. Zat-zat penting dalam bawang putih ini memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung, kerusakan pembuluh darah, dan tekanan darah tinggi. Bawang putih bisa diperoleh manfaatnya dengan dimakan langsung dalam keadaan mentah atau sebagai bumbu yang menguatkan aroma masakan.

7. Anggur Merah

Buah anggur merah memiliki campuran rasa asam dan manis yang segar. Kandungan katekin, flavonoid, dan antosianin dalam buah anggur merah berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Selain kandungan antioksidan tersebut, anggur merah juga memiliki kandungan penting lainnya seperti fosfor, magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan zat besi. Buah rendah kalori ini biasanya dijadikan sebagai salah satu menu makanan untuk program diet. Selain sebagai makanan yang mengandung antioksidan, buah anggur juga memiliki kandungan mineral yang dapat memelihara kesehatan dan kekuatan tulang bagi usia lanjut, serta menjaga sistem hidrasi pada paru-paru.

8. Apel

makanan yang mengandung antioksidan dengan buah apel

Buah yang memiliki campuran rasa manis dan asam ini merupakan salah satu buah paling populer di Indonesia. Apel memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, di antaranya antioksidan, serat, rendah kalori, dan mineral sehingga dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Kandungan serat dalam apel dapat menurunkan dan menjaga kadar kolesterol baik dalam darah. Selain itu, apel juga memiliki kandungan yang baik untuk mencegah risiko obesitas dan terkena kanker dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan sistem keehatan jantung.

9. Mangga

Mangga mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain sebagai antioksidan, mangga juga banyak mengandung serat, vitamin C, dan pektin yang dapat mencegah berbagai penyakit kanker, menurunkan kolesterol dalam darah, dan baik bagi kesehatan mata.

10. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan katekin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dalam teh hijau ini terbilang cukup tinggi, sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Teh hijau juga memiliki kandungan dan manfaat baik lainnya, seperti menurunkan berat badan, menstabilkan kadar gula dalam darah, mencegah risiko terkena penyakit jantung, mencegah kerusakan arteri, dan melindungi dari pembekuan darah.

Itulah tadi 10 daftar makanan yang banyak mengandung antioksiden. Antioksidan merupakan zat yang baik bagi tubuh untuk melindungi dari adanya radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan juga dapat mencegah berbagai risiko terkena penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, dan obesitas. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.