Blog Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Olahraga Mengecilkan Paha Yang Mudah Bisa Dilakukan Di Rumah

olahraga mengecilkan paha
Kebanyakan wanita sangat ingin memiliki bentuk tubuh yang fit dan ideal. Tumpukkan lemak di beberapa bagian tubuh hanya akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita. Oleh karena itu, sebagian wanita yang menganggap penting untuk menjaga dengan baik bentuk tubuhnya. Salah satu bagian tubuh yang paling ingin dijaga adalah paha. Paha yang diingankan wanita adalah bentuk paha yang tidak terlalu besar dan kencang.

Untuk mendapatkan bentuk paha yang ideal dan kencang adalah dengan melakukan kegiatan olahraga tertentu. Saat ini, kebanyakan orang memilih mengunjungi tempat fitness untuk berolahraga dan membentuk tubuhnya. Namun bagi sebagian orang lainnya, olahraga di tempat fitness tidak ekonomis dan memakan waktu. Oleh karena itu banyak yang memilih olahraga yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan alat-alat fitness.

Inilah Gerakan Olahraga Mengecilkan Paha Yang Efektif

Berikut ini adalah 10 olahraga yang mudah dan sederhana bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk membakar lemak di paha. Gerakan-gerakan ini tidak banyak membutuhkan peralatan-peralatan tertentu untuk menunjang gerakannya. Umumnya hanya butuh alas untuk tempat berbaring, atau bahkan tidak membutuhkan apapun. Berikut cara mengecilkan paha dengan melakukan olahraga ringan dan menyenangkan, antara lain:

1. Squats

Squas dalah gerakan pertama yang ampuh membakar lemak di paha. Gerakan ini tidak membutuhkan peralatan apapun. Namun untuk melakukannya sebaiknya Anda menggunakan sepatu olahraga yang nyaman dan tidak licin. Berikut adalah caranya:

  • Pertama-tama, ambil posisi tegak sambil kaki Anda dibuka selebar pinggul
  • Kedua, dorong pinggul Anda ke arah bawah sejauh yang Anda mampu secara perlahan-lahan.
  • Ketiga, arahkan kedua tangan Anda lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan tubuh
  • Keempat, posisi dada dalam keadaan dibusungkan sementara tubuh bagian bawah harus sejajar dengan lantai
  • Angkat tubuh Anda ke posisi awal. Kemudian ulangi gerakan yang sama hingga hitungan tertentu sesuai yang Anda inginkan.

2. PlieSides

Olahraga untuk mengecilkan paha yang kedua yaitu gerakan plie sides. Gerakan plie sides yaitu gerakan yang awal mulanya terinspirasi dari gelakan yang dilakukan ballerina. Berikut adalah caranya:

  • Pertama-tama, posisi tubuh dalam keadaan berdiri dengan kedua tangan diletakkan pada pinggang
  • Gerakkan kaki kiri ke arah samping membentuk sudut 45
  • Tekuk kedua lutut sambil jaga punggung tetap tegak. Kemudian tarik lagi kaki ke arah semula
  • Lakukan gerakan yang sama seperti tadi dengan 15 kali pengulangan.

3. Lunges

olahraga mengecilkan paha dengan lunges

Olahraga untuk membakar lemak di paha yang ketiga yaitu Lunges. Gerakan ini juga sangat ampuh untuk mengecilkan dan mengencangkan paha. Caranya juga sangat mudah. Pertama-tama, Anda berdiri tegak lalu tarik satu kaki ke arah depan. Kaki lainnya yang di belakang ditekuk serendah mungkin sampai hampai mencapai lantai. Posisikan kaki Anda lagi seperti semula lalu lakukan lagi gerakan yang sama seperti tadi. Lakukan gerakan Lunges dengan jumlah hitungan sesuai yang Anda inginkan.

4. Bodyweight Lunges

Bodyweight Lunges merupakan gerakan selanjutnya yang ampuh membakar lemak di paha. Berikut adalah caranya:

  • Petama-tama, posisikan tubuh Anda berdiri tegak dengan kaki yang dibuka selebar pinggul dan posisi tangan di bagian sisi tubuh.
  • Kedua, tekuk kedua lengan ke depan dengan tangan mengepal bersamaan dengan satu kaki ditekuk ke depan dan kaki satunya lagi ditarik ke belakang hingga hampir menyentuh lantai
  • Jaga posisi pundak Anda tetap tegak
  • Tarik kembali kaki dan tangan ke posisi semula.
  • Ulangi gerakan yang sama sebanyak hitungan yang diinginkan. Efektifnya sekitar 5-10 set dengan 15 hitungan setiap setnya.

5. FireHydrant

Gerakan ini mudah sekali dilakukan. Sebaiknya Anda lakukan gerakan ini di atas matras untuk mengindari lecet. Caranya yaitu, posisikan tubuh Anda seperti merangkak. Posisikan lutut dan tangan selebar bahu. Tarik satu kaki ke arah belakang sampai posisi lurus. Tahan beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama pada kaki yang sebelahnya secara bergantian. Ulangi gerakan ini sebanyak 15-20 hitungan.

6. Leg Lift

Leg lift adalah gerakan yang sangat efektif untuk mengencangkan paha, terutama paha bagian dalam. Caranya yaitu dengan membaringkan tubuh di atas matras atau kasur. Letakkan kedua tangan di samping tubuh Anda. Letakkan kedua tangan di belakang kepala sambil mengangkat kedua kaki lurus ke atas. Tahan selama beberapa detik lalu posisikan kaki seperti semula. Ulangi gerakan yang sama sampai 15-20 hitungan.

7. Naik-Turun Tangga

 

olahraga mengecilkan paha dengan naik turun tangga

Gerakan naik-turun tangga merupakan cara yang tidak hanya ampuh namun mudah. Namun Anda perlu hati-hati ketika melakukannya. Karena jika tidak hati-hati bisa menyebabkan cidera. Gunakan sepatu olahraga yang nyaman dan tidak licin agar tidak menyebabkan cidera atau terpeleset. Lakukan gerakan naik-turun tangga dengan tubuh agak condong ke depan agar bobot tubuh Anda ditumpu oleh betis dan paha. Cara ini ampuh untuk melatih dan mengencangkan otot-otot paha.

8. Bersepeda

Bersepeda juga cukup ampuh untuk mengecilkan paha. Ketika mengayuh pedal sepeda, beban tertumpu pada betis dan paha sehingga membuat otot-otot jadi terbentuk dan mengencang. Lakukan kegiatan bersepeda pada pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak begitu terik. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

9. JumpRope

Untuk melakukan jump rope, dibutuhkan tali jump rope. Gerakan ini ampuh untuk membakar lemak di paha karena ketika melakukan lompatan-lompatan, lemak di paha akan bergetar dan mengencang. Lakukan gerakan jump rope selama 20-30 menit setiap 2-3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dijamin lemak yang ada di paha Anda akan dibakar habis dan lingkar paha Anda jadi mengecil.

10. Jogging

olahraga mengecilkan paha dengan jogging

Olahraga mengecilkan paha yang terakhir yaitu olahraga jogging. Olahgara ini merupakan salah satu olahraga populer yang banyak dilakukan banyak orang. Melakukan joggingsangat ampuh untuk membakar lemak di paha maupun di bagian tubuh lainnya yang berlemak. Lakukan jogging paling tidak 2x seminggu agar lemak di paha Anda hilang dan menjadi otot.

5 Tips Lainnya Untuk Membakar Lemak di Paha

Selain melakukan olahraga, ada hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk melancarkan program Anda. Berikut ini adalah 5 tips yang penting Anda ketahui agar program membakar lemak di paha Anda berjalan dengan sukses dan efektif

1. Hindari Konsumsi Junkfood

Hindari konsumsi makanan junkfood dan cepat saji. Makanan jenis ini merupakan salah satu faktor utama pembentukkan lemak di beberapa area di tubuh Anda. Jika ingin program Anda berjalan lancar, maka Anda harus kurangi mengkonsumsinya.

2. Minum Teh Hijau

olahraga mengecilkan paha dengan teh hijau

The hijau dipercaya memiliki kandungan yang berkhasiat untuk membakar lemak. Selain itu, mengkonsumsi teh hijau juga memberikan perasaan dan pikiran yang tenang.
Konsumsi teh hijau di sela-sela olahraga rutin Anda.

3. Banyak Makan Buah dan Sayuran

Selain menghindari makanan berlemak dan junkfood, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah-buahan segar dan sayuran hijau. Kandungan nutrisi dalam buah-buahan dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh serta dapat membakar lemak jahat di dalam tubuh.

4. Kurangi Makanan Berlemak Jenuh

Selain junkfood, ada satu jenis makanan lainnya yang harus Anda hindari, yaitu makanan yang mengandung goreng-gorengan. Makanan yang digoreng tidak sehat, apalagi jika minyaknya sudah digunakan berkali-kali. Selain menumpuk lemak, Anda juga akan terkena risiko penyakit kolesterol.

5. Diet yang Diimbangi dengan Olahraga dan Minum Air yang Cukup

Lakukan diet yang tepat dan tidak ekstrem. Diet yang baik adalah diet yang terkontrol. Selain itu, imbangi juga dengan olahraga dan konsumsi air putih yang cukup. Air putih memiliki manfaat yang vital bagi tubuh. Kurang minum air putih dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh dan memperlambat kerja sistem pencernaan.

Nah itulah tadi olahraga mengecilkan paha yang terbukti ampuh dan efektif. Imbangi juga olahraga Anda dengan menghindari makanan yang dapat menimbulkan penumpukan lemak. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran serta minum air putih yang cukup agar sistem metabolism tubuh Anda berjalan dengan baik. Selain itu, hindari diet ekstrem yang justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.